detikNews
2019/10/15 10:32:38 WIB

Ular Boa Pembelit Berkeliaran di Pinggiran Sydney, Warga Diminta Waspada

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ular Boa Pembelit Berkeliaran di Pinggiran Sydney, Warga Diminta Waspada Warga diimbau waspada setelah ada temuan kulit ular yang baru terkelupas di kota Sydney. (Facebook/AUSTRALIA SNAKE CATCHERS)
Sydney - Warga pinggiran Sydney, Australia diperingatkan untuk waspada dengan keberadaan seekor ular berukuran besar yang berkeliaran. Imbauan ini disampaikan otoritas setempat setelah ada temuan kulit ular yang baru terkelupas di kota tersebut.

Otoritas negara bagian New South Wales (NSW), seperti dilansir CNN, Selasa (15/10/2019), menyatakan bahwa ular yang berkeliaran di Sydney itu merupakan jenis boa pembelit (boa constrictor) dewasa, yang merupakan salah satu spesies ular terbesar di dunia dengan panjang rata-rata tiga meter.

Ular boa pembelit itu diyakini bebas berkeliaran di area Silverdale, sebuah kota kecil di Sydney bagian barat, setelah kulit ular yang baru mengelupas ditemukan di sebuah properti di area tersebut pada Kamis (10/10) lalu.


Warga setempat diimbau untuk melapor segera ke Departemen Kehutanan setempat jika melihat keberadaan ular tersebut. Otoritas NSW menyarankan warga untuk tidak melakukan kontak langsung dengan ular tersebut, namun mengambil foto boleh dilakukan jika situasinya aman.

Disebutkan juga bahwa meskipun ular boa pembelit tidak berbisa, namun ular jenis tersebut bisa menggigit dan membelit mangsanya. "Ular jenis ini menjadi ancaman serius bagi satwa liar dan bisa berbahaya bagi manusia," sebut otoritas NSW dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, otoritas NSW menyatakan pihaknya telah memulai operasi khusus untuk mencari keberadaan ular tersebut dan menangkapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +