detikNews
2019/10/14 18:31:23 WIB

Skandal Korupsi Selimuti Keluarganya, Menteri Kehakiman Korsel Mundur

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Skandal Korupsi Selimuti Keluarganya, Menteri Kehakiman Korsel Mundur Cho Kuk (YONHAP/AFP)
Seoul - Menteri Kehakiman Korea Selatan (Korsel), Cho Kuk, mengundurkan diri di tengah skandal korupsi yang menyelimuti keluarganya. Pengunduran diri ini diajukan setelah Cho baru memegang jabatan itu selama sebulan terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (14/10/2019), skandal korupsi tersebut berkutat pada dugaan keistimewaan akademis yang didapat anak-anak Cho.

Diketahui bahwa Cho ditunjuk menjadi Menteri Kehakiman Korsel oleh Presiden Moon Jae-In pada 9 September lalu. Penunjukan itu diwarnai kontroversi karena terjadi saat keluarga besar Cho diselidiki atas investasi finansial mencurigakan dan keistimewaan pendidikan yang diterima anak-anaknya.


Unjuk rasa memprotes penunjukan Cho digelar, dengan sejumlah besar demonstran turun ke jalanan beberapa waktu terakhir. Namun demikian ada juga kelompok massa yang mendukung Cho yang seorang mantan profesor hukum ini.

Istri Cho, Chung Kying-sim, yang seorang profesor universitas setempat diketahui telah didakwa memalsukan penghargaan universitas untuk anak perempuannya. Dia akan disidang mulai Jumat (18/10) mendatang. Dua anak Cho juga telah diinterogasi oleh jaksa setempat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com