detikNews
2019/10/14 13:48:23 WIB

Presiden Xi Jinping: Upaya Pemisahan China Akan Berujung 'Tubuh Hancur'

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Presiden Xi Jinping: Upaya Pemisahan China Akan Berujung Tubuh Hancur Presiden China Xi Jinping (REUTERS/Jason Lee)
Kathmandu - Presiden China, Xi Jinping, melontarkan peringatan keras terhadap setiap upaya untuk memisahkan dan memecah-belah China di tengah maraknya unjuk rasa anti-Beijing di Hong Kong. Ditegaskan Presiden Xi bahwa upaya pemisahan hanya akan berujung pada 'tubuh-tubuh hancur dan tulang-tulang menjadi serbuk'.

Seperti dilansir AFP, Senin (14/10/2019), peringatan ini disampaikan Presiden Xi saat melakukan kunjungan akhir pekan ke Nepal. Peringatan itu dirilis secara resmi oleh Kementerian Luar Negeri China pada Minggu (13/10) waktu setempat.

"Siapa saja yang berupaya memisahkan setiap wilayah dari China akan musnah, dengan tubuh-tubuh mereka hancur dan tulang-tulang hancur menjadi serbuk," tegas Presiden Xi dalam pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri China.


"Setiap kekuatan eksternal yang mendukung pemisahan China hanya bisa dianggap khayalan oleh rakyat China," imbuhnya.

Presiden Xi tidak menyebut secara spesifik wilayah yang dimaksud, namun peringatannya ini disampaikan saat demonstran pro-demokrasi di Hong Kong kembali bentrok dengan kepolisian pada Minggu (13/10) waktu setempat. Hal ini juga disampaikan di tengah ketegangan tinggi dengan otoritas Taiwan.

Unjuk rasa antipemerintah kembali digelar di kawasan pusat finansial Hong Kong, dengan sejumlah demonstran memblokir ruas jalanan, menyabotase rel kereta dan menyerbu pusat-pusat bisnis pro-China.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com