detikNews
2019/10/14 03:20:08 WIB

AS Mulai Tekan Turki yang Serang Kurdi Suriah

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
AS Mulai Tekan Turki yang Serang Kurdi Suriah Foto ilustrasi: personel SDF Kurdi, SDF d Suriah utara kini menjadi sasaran agresi Turki. (REUTERS/Rodi Said)
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dipandang seperti memberi lampu hijau kepada Turki yang menyerang Suku Kurdi di Suriah bagian utara. Terang saja, Turki adalah sekutu AS di NATO. Namun kini, AS mulai menekan Turki.

Dilansir AFP, Senin (14/10/2019), AS menghentikan pesannya yang abu-abu dan mengubah kebijakan menyusul serangan Turki ke Suriah utara. Serangan Turki tersebut dilancarkan usai Trump memerintahkan penarikan pasukan AS dari tapal batas itu.



Turki menargetkan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin orang-orang Kurdi. SDF adalah sekutu utama AS dalam perang lima tahun melawan ISIS. SDF juga telah kehilangan 11 ribu nyawa prajuritnya dalam operasi melawan ISIS yang dipimpin AS.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan Trump telah mengesahkan--namun belum mengaktifkan--"sanksi baru yang sangat penting" untuk menghalangi serangan militer Turki ke Kurdi lebih lanjut.



Menteri Pertahanan Mark Esper menyatakan Turki telah berisiko mendestabilisasi kawasan tersebut. Dia juga menyalahkan Presiden Recep Tayyip Erdogan yang melakukan 'aksi impulsif (sekadar memperturutkan keinginan)'.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com