detikNews
2019/10/10 16:48:39 WIB

Termasuk 21 WNI, 30 Imigran Ilegal Ditangkap di Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Termasuk 21 WNI, 30 Imigran Ilegal Ditangkap di Malaysia Ilustrasi (Thinkstock)
Kuala Lumpur - Total 30 imigran ilegal, yang sebagian besar warga negara Indonesia (WNI), ditangkap dalam penggerebekan terbaru di Ipoh, Malaysia. Salah satu WNI dilaporkan sempat bersikeras mengaku sebagai warga Malaysia.

Seperti dilansir media lokal The Star, Kamis (10/10/2019), Direktur Departemen Imigrasi Perak, Kamalludin Ismail, menyebutkan bahwa puluhan warga negara asing (WNA) yang ditangkap itu terdiri dari 22 pria dan delapan wanita. Mereka dilaporkan berusia antara 30-50 tahun.


Penggerebekan ini dilakukan di area permukiman dan lokasi proyek konstruksi di Ipoh. Penggerebekan dilakukan selama dua hari pada 8-9 Oktober.

"Dari penggerebekan, kami melakukan pemeriksaan terhadap total 53 warga negara asing dengan berbagai kewarganegaraan, dan menangkap 30 orang di antaranya," sebut Kamalludin dalam pernyataannya.


"Mereka ditahan atas berbagai pelanggaran hukum, termasuk overstaying, tidak memiliki dokumen identitas dan menyalahgunakan izin sosial," imbuhnya.

Lebih lanjut disebutkan Kamalludin bahwa para imigran ilegal yang ditangkap terdiri dari 21 warga negara Indonesia (WNI), tiga warga Bangladesh, tiga warga Sri Lanka, dua warga India dan satu warga Pakistan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com