detikNews
2019/10/10 15:01:07 WIB

Bocorkan Informasi Rahasia ke Kekasih, Analis Pemerintah AS Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bocorkan Informasi Rahasia ke Kekasih, Analis Pemerintah AS Ditangkap Henry Kyle Frese (Alexandria Sheriff's Office via AP)
Washington DC - Seorang analis kontra terorisme yang bekerja untuk Badan Intelijen Pertahanan Amerika Serikat (AS) ditangkap karena membocorkan informasi rahasia kepada wartawan. Salah satu wartawan itu terungkap sebagai kekasih sang analis yang berusia 30 tahun ini.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (10/10/2019), Henry Kyle Frese (30) dituduh menyerahkan informasi material rahasia soal sistem persenjataan negara lain kepada dua wartawan tahun 2018 dan 2019. Frese diketahui berkantor di markas Badan Intelijen Pertahanan AS (DIA) yang ada di Virginia.


Disebutkan dalam dakwaan dari Departemen Kehakiman AS bahwa informasi rahasia itu diulas dalam delapan artikel berbeda. Artikel-artikel itu didasarkan pada lima laporan intelijen berbeda yang disusun antara Maret dan Juni 2018.

Dua wartawan yang mendapat bocoran informasi rahasia itu merupakan kolega yang saling mengenal. Biro Investigasi Federal (FBI) dalam dakwaan juga menyebut satu wartawan di antaranya pernah menjalin hubungan asmara dengan Frese.

Dalam penyelidikan, FBI menemukan fakta bahwa Frese mem-follow salah satu akun Twitter milik wartawan yang mengulas informasi rahasia itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com