detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 09:59 WIB

Penembakan di Jerman Disiarkan Live 35 Menit, Ditonton 2.200 Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Penembakan di Jerman Disiarkan Live 35 Menit, Ditonton 2.200 Orang Situasi usai penembakan di dekat sinagoge Jerman (AP Photo Jens Meyer)
Berlin - Aksi penembakan maut yang menewaskan dua orang di dekat sebuah sinagoge di Halle, Jerman sempat disiarkan secara langsung melalui sebuah situs live-streaming. Video penembakan sempat disiarkan selama 35 menit dan ditonton sekitar 2.200 orang sebelum akhirnya dihapus.

Seperti dilansir AFP, Kamis (10/10/2019), hal tersebut diungkapkan oleh situs live-streaming online untuk gaming, Twitch, yang menjadi platform yang digunakan untuk menyiarkan penembakan brutal itu pada Rabu (9/10) waktu setempat.

"Pemilik akun menyiarkan via streaming aksi mengerikan ini secara live melalui Twitch selama 35 menit, saat itu streaming ditonton oleh sekitar lima orang," ungkap pihak Twitch dalam pernyataan via Twitter.


"Rekaman dari streaming itu, yang secara otomatis dimunculkan berdasarkan pengaturan akun, telah ditonton oleh sekitar 2.200 orang dalam waktu 30 menit sebelum video ditandai dan dihapus dari Twitch," imbuh pernyataan tersebut.

Tidak disebutkan lebih lanjut siapa pemilik akun yang menyiarkan penembakan itu. Namun salinan video yang didapatkan AFP, yang keasliannya belum dikonfirmasi polisi, menunjukkan si pelaku merekam dirinya sendiri saat melakukan serangan.

Video itu menunjukkan momen pelaku saat melontarkan caci-maki terhadap wanita-wanita dan warga Yahudi di sekitar lokasi, sebelum akhirnya melancarkan serangan di dekat sebuah sinagoge di Halle dan di sebuah restoran Turki setempat.

Pihak Twitch menyatakan bahwa akun yang menyiarkan penembakan itu baru dibuat 'sekitar dua bulan sebelum tayangan streaming penembakan' dan baru satu kali digunakan untuk live-streaming. "Twitch memiliki kebijakan nol toleransi terhadap aksi kebencian," tegas Twitch.


Penembakan itu menewaskan dua orang. Pelaku yang identitasnya belum diungkap ke publik ini, telah ditangkap kepolisian setempat.

Motif di balik penembakan ini masih diselidiki. Diketahui penembakan terjadi saat warga Yahudi sedang merayakan hari suci Yom Kippur, yang juga disebut sebagai Hari Penebusan oleh umat Yahudi.


Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengecam keras penembakan tersebut. Melalui juru bicaranya, Merkel menyatakan 'solidaritas untuk semua warga Yahudi pada hari suci Yom Kippur'.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com