detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 01:30 WIB

Panda Chuang Chuang Mati Mendadak di Thailand, Diduga Gagal Jantung

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Panda Chuang Chuang Mati Mendadak di Thailand, Diduga Gagal Jantung Panda Chuang Chuang yang mati mendadak di Kebun Binatang Chiang Mai (Foto: dok. REUTERS/Chaiwat Subprasom)
Chiang Mai - Seekor panda yang dipinjamkan di kebun binatang Chiang Mai, Thailand, mati mendadak. Kematian panda bernama Chuang Chuang diduga karena gagal jantung.

Dilansir Reuters, Selasa (8/10/2019), dugaan penyebab kematian panda berusia 19 tahun ini diketahui setelah proses autopsi yang dilakukan pihak kebun binatang dan dibantu pihak China. Chuang Chuang sudah dipinjamkan dari China sejak tahun 2003.


Kematian Chuang Chuang sempat menjadi pembahasan di Thailand. Muncul tagar di media sosial China yang menyalakan Thailand atas kematian Chuang Chuang yang dinilai relatif awal. Tagar itu telah dilihat 250 juta kali.

Kebun Binatang Chiang Mai mengatakan spekulasi yang berkembang di China bahwa Chuang Chuang, yang dikenal gemuk, mungkin telah meninggal karena kecerobohan dalam pemberian makanan, kelalaian, atau bahkan karena serangan terbukti tidak berdasar.

"Hasil autopsi dan analisis oleh para ahli dari Cina-Thailand menunjukkan bahwa kesehatan gizi Panda Chuang Chuang baik. Tak ada luka luar yang ditemukan, dan tidak ada benda asing yang ditemukan di tenggorokannya," kata pihak kebun binatang dalam keterangannya.




Simak juga video Dita Gajah Liar yang Kakinya Buntung karena Jeratan Ditemukan Mati:

[Gambas:Video 20detik]




(azr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com