PM Australia Scott Morrison Akan Hadiri Pelantikan Jokowi

PM Australia Scott Morrison Akan Hadiri Pelantikan Jokowi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 08 Okt 2019 00:30 WIB
Foto: Potret Keakraban Jokowi-PM Australia di Bogor (dok. Biro Setpres)
Foto: Potret Keakraban Jokowi-PM Australia di Bogor (dok. Biro Setpres)
Jakarta - Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison akan menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi akan dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober nanti.

Seperti dilaporkan The Sydney Morning Herald, Senin (7/10/2019), Scott Morrison akan menghabiskan waktu dua hari di Jakarta, ibu kota Indonesia, untuk menghadiri pelantikan kedua Jokowi. Kedatangannya nanti jadi kunjungan keduanya dalam waktu satu tahun ini.

Kunjungan Morrison melanjutkan tradisi diplomatik para PM Australia yang secara rutin mendatangi pelantikan presiden Indonesia.


Tradisi dimulai pada 2004 saat John Howard menghadiri pelantikan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Lima tahun selanjutnya, Kevin Rudd menghadiri pelantikan kedua SBY sebagai presiden RI.

Selanjutnya, pada 2014 Tony Abbott juga menghadiri pelantikan pertama Jokowi sebagai presiden.

Dikabarkan, para pemimpin dunia, menteri luar negeri, dan diplomat senior akan datang ke pelantikan Jokowi nanti. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Wakil Presiden China Wang Qishan akan hadir. Begitu pula para pemimpin di ASEAN, dan perwakilan negara seperti Korea Selatan dan Jepang.


Namun, The Sydney Morning Herald melaporkan Jokowi tidak akan berpidato di Parlemen Australia tahun ini. Sebagai gantinya, para diplomat di Canberra dan Jakarta sedang mengincar tanggal di Januari atau Februari 2020 agar Jokowi bisa mengunjungi Australia dan berpidato bersama di parlemen Australia.

Selanjutnya
Halaman
1 2