detikNews
2019/10/07 17:58:12 WIB

Terima Dana 1MDB Rp 1,4 Triliun, Adik Najib dan 80 Entitas Dihukum Denda

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Terima Dana 1MDB Rp 1,4 Triliun, Adik Najib dan 80 Entitas Dihukum Denda Nazir Razak dalam foto tahun 2018 (YE AUNG THU/AFP)
Kuala Lumpur - Otoritas Malaysia menjatuhkan sanksi denda terhadap Nazir Razak, adik laki-laki mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak dan puluhan entitas lainnya yang diketahui menerima dana 1Malaysia Development Berhad (1MDB) sebesar 420 juta Ringgit atau setara Rp 1,4 triliun.

Penyidik Malaysia maupun Amerika Serikat (AS) menyatakan dana sebesar US$ 4,5 miliar diselewengkan dari 1MDB yang didirikan Najib tahun 2009 dan kini tidak lagi beroperasi. Najib yang lengser setelah kalah pemilu tahun lalu, kini menghadapi puluhan dakwaan gratifikasi dan pencucian uang terkait 1MDB.

Dalam dakwaan-dakwaannya, Najib disebut telah menerima dana 1MDB sebesar US$ 1 miliar. Ditegaskan oleh Najib berulang kali bahwa dirinya tidak bersalah.


Seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (7/10/2019), Ketua Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC), Latheefa Koya, menyebut dana 1MDB sebesar 420 juta Ringgit telah diterima oleh 80 individu, partai politik dan perusahaan-perusahaan. Salah satunya adalah Nazir Razak, adik dari Najib.

MACC, sebut Latheefa, berupaya untuk memulihkan dana tersebut. Maka, sanksi denda akan dijatuhkan terhadap mereka yang menerima dana 1MDB itu.

"Kami telah merilis pemberitahuan terhadap semua orang dan entitas ini agar mereka membayarkan denda," tutur Latheefa kepada wartawan setempat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com