detikNews
2019/10/05 18:11:11 WIB

Pejabat Korut dan AS Bertemu di Swedia Lanjutkan Perundingan Nuklir

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pejabat Korut dan AS Bertemu di Swedia Lanjutkan Perundingan Nuklir Villa Elfvik Strand Conference Center di Lidingo, Swedia, yang menjadi lokasi digelarnya perundingan lanjutan antara AS dan Korut (Pontus LUNDAHL/various sources/AFP)
Stockholm - Jajaran pejabat Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) akan melakukan perundingan nuklir di pinggiran Stockholm, Swedia. Perundingan ini menjadi bagian dari upaya untuk mengakhiri kebuntuan selama berbulan-bulan.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (5/10/2019), pertemuan antara pejabat AS dan Korut ini menjadi perundingan level kerja secara resmi pertama sejak Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un terakhir bertemu pada Juni lalu.

Dalam pertemuan saat itu, Trump dan Kim Jong-Un sepakat untuk memulai kembali perundingan yang buntu usai pertemuan di Vietnam yang gagal mencapai kesepakatan pada Februari lalu.


Perundingan AS dan Korut ini digelar di sebuah pusat konferensi terpencil di Pulau Lidingo. Pertemuan akan digelar antara delegasi AS yang dipimpin oleh Utusan Khusus AS untuk Korut Stephen Biegun dan delegasi Korut yang dipimpin perunding Kim Myong Gil.

Saat transit di Beijing dalam perjalanan ke Stockholm, Kim Myong Gil menyatakan dirinya 'optimis' dengan perundingan tersebut.

Laporan Reuters menyebutkan rombongan kedua pihak telah memasuki kompleks pusat konferensi pada Sabtu (5/10) pagi waktu setempat, dengan polisi setempat mengonfirmasi salah satu rombongan membawa para pejabat Korut. Salah satu kendaraan dalam rombongan lainnya diketahui merupakan mobil yang sama yang digunakan Biegun saat bertemu pejabat Swedia di Kementerian Luar Negeri pada Jumat (4/10) waktu setempat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com