detikNews
2019/10/05 12:52:38 WIB

Berupaya Gerakkan Kerusuhan Massa, 2 Pemuda Rusia Divonis 6 Tahun Bui

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Berupaya Gerakkan Kerusuhan Massa, 2 Pemuda Rusia Divonis 6 Tahun Bui Ilustrasi (Thinkstock)
Moskow - Dua pria di Rusia dijatuhi hukuman lebih dari enam tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan berupaya menggerakkan 'kerusuhan massa'. Dalam aksinya, kedua pria ini berdiri di luar gedung pemerintah daerah setempat sambil memegang papan berisi seruan protes.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (5/10/2019), Yan Sidorov (19) dan Vladislav Mordasov (23) diadili karena menggelar unjuk rasa di luar gedung pemerintah di kota Rostov-on-Don. Dalam aksinya, kedua pria ini hanya membentangkan poster berisi seruan protes. Tuntutan dari aksi ini tidak disebutkan lebih lanjut.


Namun dalam persidangan, jaksa setempat menyebut keduanya mengelola sebuah chat group pada salah satu aplikasi pesan yang terkait dengan sebuah kelompok yang dilarang di Rusia karena 'ekstremisme'. Tidak disebut lebih lanjut nama kelompok tersebut.

"Pengadilan menetapkan bahwa Mordasov dan Sidorov terbukti bersalah dan masing-masing divonis enam tahun tujuh bulan penjara dan enam tahun enam bulan penjara di penjara dengan keamanan maksimum," demikian bunyi putusan hakim setempat seperti dikutip kantor berita Interfax.

Satu pria lainnya, Vyacheslav Shashmin (19), dijatuhi hukuman percobaan selama 3 tahun dalam kasus yang sama. Terhadap vonis tersebut, pengacara Mordasov menuturkan kepada Interfax bahwa kliennya akan mengajukan banding.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com