detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 16:55 WIB

Indonesia Sampaikan Ucapan Selamat pada Dwi Kepala Negara San Marino

Rita Uli Hutapea - detikNews
Indonesia Sampaikan Ucapan Selamat pada Dwi Kepala Negara San Marino Wakeppri berikan ucapan selamat pada Captains Regent (Foto: KBRI Roma)
Roma - Wakil Kepala Perwakilan KBRI Roma, J.S. George Lantu menghadiri acara pelantikan Dwi Kepala Negara San Marino pada 1 Oktober 2019 di kota San Marino. Pada kesempatan tersebut, Wakeppri mewakili Duta Besar RI untuk San Marino berkedudukan di Roma, Italia, Y.M. Esti Andayani, menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Y.M. Luca Boschi dan Y.M. Mariella Mularoni sebagai Dwi Kepala Negara San Marino untuk periode enam bulan ke depan.

Dwi Kepala Negara San Marino yang disebut dengan Captains Regent bertugas selama enam bulan dari 1 Oktober hingga 1 April, dan dari 1 April hingga 1 Oktober setiap tahunnya. Setiap proses pergantian Captain Regents dilaksanakan dengan rangkaian acara seremonial sejak tahun 1295. Captain Regents dipilih berdasarkan suara mayoritas anggota Parlemen San Marino The Great and General Council.

Dalam pidato pelantikannya menurut rilis pers KBRI Roma, Jumat (4/10/2019), Captain Regents San Marino menyambut kehadiran seluruh perwakilan Diplomatik dan Konsuler yang terakreditasi kepada Republik San Marino seraya menegaskan komitmen kerja sama dengan berbagai negara dan badan-badan internasional. Pemerintah San Marino juga menjunjung nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; nilai luhur kemanusiaan dalam persaudaraan dan saling menghormati perbedaan; serta pendekatan dialog dan multilateralisme dalam menghadapi tantangan internasional.

"San Marino adalah negara sahabat Indonesia yang kini semakin dekat. Hal ini terlihat dari kerja sama dalam bidang politik, ekonomi dan pariwisata. Pemri berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral dengan San Marino di berbagai bidang" demikian disampaikan oleh Wakepri George Lantu dalam pelantikan Dwi Kepala Negara dimaksud.

San Marino adalah micro state yang berdiri sejak tahun 301 dan merupakan negara Republik tertua di dunia. Ibu kota negara terkecil ketiga di Eropa ini, City of San Marino, memiliki julukan "Il Titano" karena letaknya yang berada di atas Gunung Titan. Keindahan alamnya menjadikan San Marino sebagai salah satu tujuan favorit wisatawan di Eropa.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com