Pria Bersenjata Culik 6 Siswi di Nigeria

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 04 Okt 2019 02:10 WIB
Foto: Ilustrasi penculikan oleh Edi Wahyono
Foto: Ilustrasi penculikan oleh Edi Wahyono
Kaduna - Sejumlah pria bersenjata menculik enam siswi sekolah asrama di Nigeria bagian utara. Polisi menyebut komplotan pria bersenjata itu juga menculik dua anggota staf sekolah.

Dilansir Reuters, peristiwa itu terjadi pada Kamis (3/10/2019) waktu setempat. Polisi mengatakan para siswi dan staf diculik pada pagi hari dari sebuah sekolah bernama Engravers College, di daerah terpencil dekat desa Kakau Daji di negara bagian Kaduna.


Belum diketahui jelas siapa yang menculik mereka. Sementara, penculikan juga kerap dilakukan kelompok Islam militan Boko Haram dan bagian dari ISIS aktif di Nigeria bagian utara serta kelompok bersenjata lain. Kebanyakan, penculikan bertujuan untuk meminta tebusan.

"Perintahnya adalah lakukan segala yang mungkin dilakukan untuk menjamin pembebasan semua korban tanpa cidera," kata polisi setempat.

Pada tahun 2014, 100 dari sekitar 270 siswi yang diculik oleh Boko Haram dari kota Chibok tetap berada dalam penahanan. Pekan lalu, polisi di kota Kaduna membebaskan ratusan pria dan anak laki-laki dari sebuah sekolah Islam di mana mereka telah dipukuli dan dilecehkan. (azr/zak)