detikNews
2019/10/03 16:39:55 WIB

Korut Berhasil Uji Tembak Rudal Balistik Kapal Selam Jenis Baru

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Korut Berhasil Uji Tembak Rudal Balistik Kapal Selam Jenis Baru Korut klaim sukses uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pyongyang - Korea Utara (Korut) mengklaim berhasil menguji tembak sebuah rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM). Uji tembak ini dimaksudkan untuk menangkal ancaman eksternal dan meningkatkan pertahanan diri.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Kamis (3/10/2019), para pakar menyebut aktivitas peluncuran pada Rabu (2/10) kemarin sebagai peluncuran paling provokatif yang dilakukan Korut sejak melanjutkan dialog dengan Amerika Serikat (AS) tahun lalu. Peluncuran semacam itu dinilai menjadi pengingat atas kemampuan persenjataan Korut yang dikembangkan besar-besaran, termasuk rudal balistik antarbenua.


Laporan kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), menyebut rudal balistik SLBM jenis baru yang disebut 'Pukguksong-3' ini 'ditembakkan dalam mode vertikal' dari perairan dekat kota Wonsan, Korut.

"Uji tembak SLBM tipe baru ini menjadi sangat penting karena mengantarkan ke fase baru dalam menangkal ancaman dari luar pada DPRK dan meningkatkan lebih lanjut kemampuan pertahanan diri militer," sebut KCNA dalam laporannya. DPRK merupakan kependekan dari Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi Korut.

Korut klaim sukses uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selamKorut klaim sukses uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP

KCNA tidak menyebut informasi lebih detail soal peluncuran SLBM itu, namun menegaskan peluncuran itu tidak mengganggu negara-negara sekitar Korut.

"Tidak memiliki dampak merugikan pada keamanan negara-negara tetangga," tegas KCNA.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com