detikNews
2019/10/02 23:57:34 WIB

Jurnalis WNI yang Tertembak di Hong Kong Disebut Bisa Buta Permanen

Indra Komara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jurnalis WNI yang Tertembak di Hong Kong Disebut Bisa Buta Permanen Foto: ISAAC LAWRENCE/AFP
Jakarta - Jurnalis Indonesia, Veby Mega Indah, yang terkena tembakan peluru karet di dekat matanya ketika meliput di Hong Kong disebut bisa mengalami kebutaan permanen. Kuasa hukum Veby Indah, Michael Vidler, mengatakan pupil mata kliennya rusak.

"Dia diberi tahu (dokter) bahwa pupil matanya pecah akibat tembakan. Persentase pasti dari kerusakan permanen hanya dapat dinilai setelah operasi, " kata Vidler seperti dikutip media lokal South China Morning Post (SCMP), Rabu (2/10/2019).



Vidler mengatakan, keluarga Veby saat ini sudah berada di Hong Kong untuk mendampingi proses medis. Pihak keluarga disebut menemani Veby di samping tempat tidur perawatannya.

"Kami juga dapat mengkonfirmasi bahwa kami telah menerima bukti dari pihak ketiga, yang menunjukkan bahwa proyektil yang membutakan Veby adalah peluru karet dan bukan beanbag round seperti yang diperkirakan semula," tutur Vidler.



Sebelumnya, insiden itu terjadi pada Minggu (29/9). Veby yang sedang berada di tengah-tengah kericuhan di Hong Kong terkena tembakan di dekat mata kanannya.

Veby kini tengah menjalani perawatan medis di Pamela Youde Nethersole Eastern Hospital di Chai Wan, Hong Kong. KJRI Hong Kong menyebut Veby dirawat dalam keadaan sadar. Pihak KJRI terus melakukan pendampingan dan bantuan terhadapnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com