detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 15:49 WIB

Sengaja Tabrak Mati 20 Kanguru, Pemuda Australia Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Sengaja Tabrak Mati 20 Kanguru, Pemuda Australia Ditangkap Bangkai kanguru yang menjadi korban tabrak lari ditemukan tergeletak di halaman depan rumah warga (Courtesy Janine Green via CNN)
Sydney - Seorang pemuda Australia ditangkap dan didakwa atas kematian massal 20 ekor kanguru. Pemuda berusia 19 tahun ini dengan sengaja melindas kanguru-kanguru itu dengan truknya dalam aksi keji yang berlangsung selama satu jam.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/10/2019), sedikitnya 20 ekor kanguru, termasuk dua anak kanguru, ditemukan tergeletak secara tersebar di halaman rumah warga dan di jalanan di area Pantai Tura, yang berjarak 450 kilometer sebelah selatan Sydney, pada Minggu (29/9) waktu setempat.

Kelompok penyelamat satwa liar, WIRES, menyebut sedikitnya tiga anak kanguru lainnya kehilangan induknya dalam serangan keji ini.


Dituturkan kepolisian setempat bahwa seorang pemuda berusia 19 tahun, yang tidak disebut namanya, telah ditangkap dan dijerat dakwaan kekejaman terhadap binatang pada Selasa (1/10) waktu setempat. Pemuda itu didakwa menabrak dan membunuh kanguru-kanguru dengan kendaraannya pada Sabtu (28/9) malam waktu setempat.

"Kami menangani insiden semacam ini dengan sangat serius dan setiap orang yang terlibat dalam aktivitas semacam ini akan menghadapi hukum," ucap Kepala Inspektur Bega Valley, Peter Volf, dalam pernyataannya.


Kanguru mati di tepi jalanan bukan hal yang tidak biasa di negara bagian New South Wales. Namun skala dan kesengajaan dalam kasus ini mengejutkan warga setempat.

"Ini sungguh pemandangan yang sangat tidak menyenangkan," tutur salah satu warga setempat, Rob Evans, kepada ABC. "Polisi melihat banyak hal buruk, tapi Anda bisa melihat bahwa mereka juga terkejut," imbuhnya.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com