detikNews
Selasa 01 Oktober 2019, 16:36 WIB

11 Polisi Afghanistan Tewas dalam Serangan Taliban, 13 Diculik

Rita Uli Hutapea - detikNews
11 Polisi Afghanistan Tewas dalam Serangan Taliban, 13 Diculik Foto: AFP
Kabul - Setidaknya 11 polisi tewas saat para militan Taliban menyerang markas mereka di wilayah Afghanistan utara. Belasan polisi lainnya dilaporkan telah diculik Taliban.

Juru bicara provinsi Balkh, Munir Farhad mengatakan, lebih dari 400 militan Taliban yang mengendarai sepeda motor, menyerang kantor kepolisian distrik Shortepa di provinsi Balkh pada Selasa dini hari waktu setempat. Baku tembak pun terjadi dan berlangsung lama.

"Sebelas polisi tewas dalam serangan itu. Taliban juga mengalami kekalahan berat," kata Farhad seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (1/10/2019).


Menurut Karim Khan, kepala distrik Shortepa, Taliban juga telah menangkap 13 polisi dan membakar gedung kantor polisi tersebut, sebelum kabur meninggalkan lokasi.

Dalam statemennya, Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Disebutkan bahwa para anggota kelompok militan tersebut telah menguasai distrik tersebut.


Serangan ini terjadi hanya beberapa hari setelah jutaan warga Afghanistan mengikuti pemilihan umum untuk memilih presiden baru mereka. Pemilu ini digelar di tengah ratusan aksi pengeboman dan serangan berskala kecil di tempat-tempat pemungutan suara.

Meski begitu, para pejabat memuji pasukan keamanan Afghanistan karena berhasil mencegah Taliban melakukan serangan berskala besar.



Simak juga video Bom Truk Taliban Tewaskan 20 Orang di Afghanistan:

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com