detikNews
Senin 30 September 2019, 15:47 WIB

Dalam 3 Hari, 100 Orang Tewas Akibat Hujan Lebat di India

Rita Uli Hutapea - detikNews
Dalam 3 Hari, 100 Orang Tewas Akibat Hujan Lebat di India Foto: ilustrasi/thinkstock
New Delhi - Setidaknya 100 orang tewas di wilayah India utara dalam tiga hari terakhir ini akibat hujan lebat yang telah merendam jalan-jalan, bangsal-bangsal rumah sakit dan rumah-rumah.

Puluhan perahu dikerahkan di jalan-jalan yang terendam air hujan lebat di Patna, ibu kota negara bagian Bihar usai hujan lebat yang jauh lebih deras daripada biasanya.

Otoritas setempat menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (30/9/2019), setidaknya 27 orang telah tewas di Bihar dan 63 orang lainnya tewas di negara bagian Uttar Pradesh sejak Jumat (27/9) waktu setempat.


Dengan hujan lebat diprediksi masih akan turun, para pakar cuaca menyatakan bahwa September ini bisa menjadi bulan yang paling banyak curah hujannya dalam waktu lebih dari 100 tahun terakhir.


"Patna sendiri telah mencatat curah hujan 226 milimeter sejak Jumat," kata pejabat tanggap bencana Bihar, M. Ramachandru seperti dikutip AFP.

Foto-foto yang beredar memperlihatkan para pasien berbaring di tempat tidur di rumah sakit milik pemerintah yang terendam air hujan, Nalanda Medical College and Hospital di Patna.


Hujan lebat juga melanda wilayah India selatan dan negara bagian Gujarat di India barat. Di negeri itu, musim hujan tahunan biasanya berlangsung dari Juni hingga September.

Musim hujan yang penting bagi para petani di seluruh wilayah Asia Selatan itu, telah menewaskan sekitar 650 orang di India, Nepal, Bangladesh dan Pakistan pada Juli tahun ini.


(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com