detikNews
2019/09/30 14:02:25 WIB

Putra Mahkota Saudi Minta Kesimpulan CIA Soal Pembunuhan Khashoggi Diungkap

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Putra Mahkota Saudi Minta Kesimpulan CIA Soal Pembunuhan Khashoggi Diungkap Pangeran Mohammed bin Salman (Getty Images/independent.co.uk)
Riyadh - Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, atau yang akrab disapa MBS mengomentari kesimpulan Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) atau CIA, yang pada November 2018 lalu menyatakan MBS memerintahkan pembunuhan wartawan senior Saudi, Jamal Khashoggi.

Dalam wawancara dengan program televisi CBS News '60 Minutes' seperti dilansir CBS News, Senin (30/9/2019), MBS mengharapkan agar laporan CIA itu dibuka ke publik secara terang-terangan.


Dalam laporan yang diberitakan media terkemuka AS, The Washington Post, pada November 2018, CIA menyimpulkan bahwa MBS secara personal menargetkan Khashoggi dan MBS mungkin telah memerintahkan pembunuhan Khashoggi di Istanbul, Turki, pada Oktober 2018 lalu.

"Saya harap informasi ini diungkapkan. Jika ada informasi semacam itu yang mendakwa saya, saya harap itu diungkapkan kepada publik," jawab MBS saat dimintai tanggapan soal kesimpulan CIA dalam wawancara yang ditayangkan CBS News pada Minggu (29/9) waktu setempat.


Selain CIA, pemerintah AS juga Kongres AS menyatakan keyakinan bahwa MBS yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Apa tanggapan MBS?

"Saya meyakini bahwa apa yang Anda sebut itu tidak benar. Tidak ada pernyataan resmi yang diumumkan oleh pemerintah Amerika terkait hal ini," ucap MBS merujuk pada wartawan CBS News, Norah O'Donnell, yang mewawancarainya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com