detikNews
2019/09/30 11:44:31 WIB

Akui Bertanggung Jawab, Putra Mahkota Saudi Tak Tahu Pembunuhan Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Akui Bertanggung Jawab, Putra Mahkota Saudi Tak Tahu Pembunuhan Khashoggi Pangeran Mohammed bin Salman (REUTERS/Hamad I Mohammed/File Photo)
Riyadh - Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, bersikeras menyatakan tidak tahu-menahu soal pembunuhan wartawan senior Saudi, Jamal Khashoggi, meskipun dia mengakui dirinya bertanggung jawab. Begini penjelasan langsung dari Pangeran Saudi yang biasa disapa MBS ini.

Seperti dilansir CBS News, Senin (30/9/2019), hal ini disampaikan MBS dalam wawancara dengan program televisi CBS News '60 Minutes' yang ditayangkan pada Minggu (29/9) waktu setempat. Wawancara itu dilakukan pada Selasa (24/9) pekan lalu di Istana Kerajaan Saudi di Jeddah.

MBS awalnya ditanya apakah dia memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Dengan tegas dia membantah. "Tentu tidak. Itu sungguh kejahatan keji," jawabnya.


Namun lebih lanjut, dia mengakui dirinya bertanggung jawab karena pembunuhan dilakukan oleh orang-orang yang bekerja untuk pemerintah Saudi. Bagaimana maksudnya?

"Ketika sebuah tindak kejahatan dilakukan terhadap seorang warga Saudi oleh para pejabat (atau pegawai) yang bekerja untuk pemerintah Saudi, sebagai seorang pemimpin saya harus bertanggung jawab. Ini adalah sebuah kesalahan. Dan saya harus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menghindari hal semacam itu di masa mendatang," jawab MBS menjelaskan pernyataannya.

Khashoggi yang kerap mengkritik pemerintah Saudi, dibunuh dan dimutilasi setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018 lalu. Otoritas Saudi telah mengakui bahwa sekelompok agen Saudi yang nakal -- beberapa di antaranya merupakan anggota inner circle MBS -- melakukan pembunuhan itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com