detikNews
2019/09/27 13:11:32 WIB

Dituduh Soal Serangan Ladang Minyak Saudi, Iran Tantang AS Berikan Bukti

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dituduh Soal Serangan Ladang Minyak Saudi, Iran Tantang AS Berikan Bukti Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: Official President website/Handout via REUTERS)
New York - Presiden Iran Hassan Rouhani menantang Amerika Serikat dan negara-negara lainnya untuk memberikan bukti guna mendukung tuduhan bahwa Iran melakukan serangan terhadap ladang minyak Arab Saudi.

"Mereka yang membuat tuduhan tersebut harus memberikan bukti yang diperlukan. Apa bukti Anda?" kata Rouhani kepada para wartawan di New York, sehari usai berpidato di depan Sidang Umum PBB, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (27/9/2019).

Diketahui bahwa Amerika Serikat dan Saudi telah menuding Iran berada di balik serangan ke instalasi-instalasi minyak Saudi yang membuat terhentinya separuh produksi minyak kerajaan tersebut. Prancis, Jerman dan Inggris kemudian juga turut menyalahkan Iran atas serangan tersebut.


Pemerintah Iran mengecam tuduhan-tuduhan itu sebagai "konyol". Teheran membantah terlibat serangan yang diklaim oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman tersebut.

"Jika Anda memiliki bukti atau dokumentasi, silakan berikan ke saya," kata Rouhani seraya menambahkan bahwa AS, Prancis, Inggris dan Jerman harus berhenti memasok senjata ke Saudi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com