detikNews
2019/09/23 15:38:54 WIB

Dua Penerbangan di Dubai Terpaksa Dialihkan karena Drone

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dua Penerbangan di Dubai Terpaksa Dialihkan karena Drone Ilustrasi (Thinkstock)
Dubai - Dua penerbangan di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), dialihkan karena drone. Gangguan semacam ini merupakan yang kedua kalinya terjadi di bandara tersebut sepanjang tahun ini.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (23/9/2019), aktivitas penerbangan kedatangan mengalami gangguan selama 15 menit pada Minggu (22/9) siang waktu setempat. Dua penerbangan yang akan mendarat di Bandara Internasional Dubai terpaksa dialihkan karena aktivitas drone di sekitar bandara.


Informasi tersebut disampaikan oleh juru bicara otoritas Dubai Airports yang memiliki dan mengelola bandara tersibuk dunia untuk penerbangan internasional itu. Disebutkan bahwa situasi di Bandara Internasional Dubai biasanya tenang saat jam-jam siang hari.

"Dubai Airports bisa mengonfirmasi bahwa penerbangan kedatangan sempat terganggu sebentar di Bandara Internasional Dubai dari pukul 12.36 hingga pukul 12.51 waktu lokal UAE karena aktivitas drone mencurigakan," demikian pernyataan juru bicara Dubai Airports.


"Sebuah pesawat 'drone' terdeteksi di sebuah area sebelah bandara," imbuh Kantor Media Dubai dalam pernyataannya. Ditegaskan otoritas Dubai bahwa drone atau pesawat tak berawak dilarang untuk diterbangkan di dekat bandara setempat.

Laporan media-media lokal menyebut penerbangan yang dialihkan telah mendarat di bandara yang lebih kecil di wilayah Sharjah.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com