detikNews
Sabtu 21 September 2019, 19:32 WIB

Topan Dahsyat Picu Mati Lampu di Jepang, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Topan Dahsyat Picu Mati Lampu di Jepang, Ratusan Penerbangan Dibatalkan Foto: Reuters
Okinawa - Topan dahsyat menerjang kepulauan Okinawa, Jepang selatan hari ini, memutus aliran listrik ke lebih dari 15.000 rumah dan membuat ratusan penerbangan dibatalkan.

Topan Tapah kini bergerak ke utara dan diperkirakan akan terus bertambah melalui laut yang memisahkan Korea Selatan dan Jepang bagian barat. Topan ini membawa angin dengan kecepatan hingga 180 kilometer per jam.


Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (21/9/2019), biro cuaca Jepang mengeluarkan peringatan hujan lebat, banjir dan air pasang terkait topan ini. Sementara pemerintah prefektur Okinawa mengeluarkan imbauan evakuasi untuk sekitar 334.000 orang.

Menurut pejabat-pejabat setempat, setidaknya 18 orang terluka akibat topan ini. Sementara perusahaan listrik lokal Okinawa Electric mengatakan, sekitar 9.200 rumah tangga masih tanpa aliran listrik pada pukul 19:45 waktu setempat, turun dari 17.000 rumah beberapa jam sebelumnya.


Topan Tapah ini terjadi menyusul Topan Faxai, yang menerjang Tokyo awal bulan ini, yang mendatangkan rekor kecepatan angin yang membuat tumbang tiang-tiang listrik, mengacaukan perjalanan dan mengganggu persiapan Piala Dunia Rugby.

Topan Faxai juga mengakibatkan pemadaman listrik yang lama di pinggiran Tokyo, yang menyebabkan ratusan ribu orang tanpa aliran listrik selama lebih dari sepekan.


Simak juga video "Kondisi di Jepang Pasca Diterjang Topan Faxai":

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com