detikNews
2019/09/21 12:22:23 WIB

Atas Permintaan Arab Saudi, AS Kirim Pasukan Tambahan ke Kawasan Teluk

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Atas Permintaan Arab Saudi, AS Kirim Pasukan Tambahan ke Kawasan Teluk kepulan asap terlihat dari fasilitas minyak Arab Saudi yang diserang drone (Foto: VIDEOS OBTAINED BY REUTERS/via REUTERS)
Washington - Amerika Serikat mengumumkan pengiriman pasukan tambahan ke kawasan Teluk menyusul serangan-serangan ke fasilitas minyak Arab Saudi.

Pengiriman pasukan ini diumumkan hanya beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump memerintahkan sanksi-sanksi baru terhadap Iran, yang dituduh mendalangi serangan-serangan ke fasilitas minyak Saudi.

Keputusan untuk mengirimkan pasukan tambahan tersebut disetujui oleh Trump pada Jumat (20/9) waktu setempat. Departemen Pertahanan AS atau Pentagon menyatakan, pengiriman pasukan ini dilakukan atas permintaan Saudi dan Uni Emirat Arab (UAE).

Pentagon menyatakan pengerahan pasukan dalam jumlah sedang ini bersifat defensif. Tidak disebutkan lebih detail mengenai jumlah pasukan.


"Sebagai respons atas permintaan kerajaan, presiden telah menyetujui pengerahan pasukan AS, yang akan bersifat defensif dan terutama fokus pada pertahanan udara dan rudal," kata Menteri Pertahanan AS Mark Esper seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (21/9/2019).

"Kami juga akan bekerja untuk mempercepat pengiriman peralatan militer ke kerajaan Arab Saudi dan UAE untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mempertahankan diri," imbuhnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com