detikNews
2019/09/20 16:50:40 WIB

Seorang Pilot FedEx Amerika Serikat Ditangkap di China

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Seorang Pilot FedEx Amerika Serikat Ditangkap di China Ilustrasi (AP Photo/Steve Helber, File)
Beijing - Seorang pilot FedEx asal Amerika Serikat (AS) ditangkap di China. Penangkapan terjadi saat AS terlibat perselisihan dengan China terkait masalah ketidakberesan pengiriman FedEx yang melibatkan raksasa telekomunikasi China, Huawei.

Seperti dilansir AFP, Jumat (20/9/2019), diungkapkan oleh pihak FedEx yang merupakan perusahaan multinasional untuk jasa pengiriman kurir itu, Todd Hohn yang mantan pilot Angkatan Udara AS ini, ditangkap otoritas AS sepekan lalu.

Hohn yang kini berprofesi sebagai pilot FedEx itu ditangkap saat menunggu penerbangan komersial di Guangzhou, setelah dia menjalankan tugasnya menerbangkan pesawat kargo.


Setelah Hohn ditangkap, ujar seorang sumber yang memahami isu ini, otoritas China menggeledah barang bawaannya dan menemukan beberapa butir peluru air gun.

"Otoritas China di Guangzhou menahan dan kemudian membebaskan salah satu pilot kami dengan jaminan, setelah sebuah benda ditemukan dalam barang bawaannya sebelum menaiki penerbangan komersial," kata juru bicara FedEx kepada AFP.

Pernyataan juru bicara FedEx itu mengonfirmasi informasi yang pertama kali dirilis oleh media terkemuka AS, Wall Street Journal (WSJ). Laporan WSJ juga menyebut bahwa otoritas China telah meluncurkan penyelidikan kriminal terhadap pilot FedEx itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com