detikNews
2019/09/19 19:35:42 WIB

Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Kabut Asap, Malaysia 'Mengadu' ke ASEAN

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Kabut Asap, Malaysia Mengadu ke ASEAN Kabut asap di Malaysia (Antara Foto)
Kuala Lumpur - Malaysia menyatakan akan mendorong Indonesia dan ASEAN untuk memperkuat kerja sama dalam mencari solusi jangka panjang untuk mengatasi kabut asap yang kini menyelimuti kedua negara. Hal ini disampaikan saat kondisi kabut asap semakin memburuk di Malaysia dengan lebih dari 2 ribu sekolah diliburkan.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (19/9/2019), dalam beberapa pekan terakhir, Indonesia, Malaysia dan Singapura terus diselimuti kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang awalnya dipicu oleh aksi pembersihan lahan untuk perkebunan.

Masalah karhutla sudah menjadi persoalan tahunan saat musim kemarau tiba. Reuters menyebut karhutla tahun ini merupakan yang terparah sejak tahun 2015 dan memicu kekhawatiran atas maraknya kebakaran hutan secara global yang memperburuk pemanasan global.


Lebih dari 2 ribu sekolah di berbagai wilayah Malaysia diliburkan akibat kabut asap. Sama halnya dengan ratusan sekolah di Sumatra dan Kalimantan yang menjadi lokasi titik api karhutla.

Kabut asap pekat juga turut menyelimuti wilayah Singapura yang berbatasan dengan Indonesia dan Malaysia. Situasinya semakin buruk dalam beberapa hari terakhir bahkan hingga memicu kekhawatiran bahwa kabut asap akan mempengaruhi balapan Formula One yang digelar di Singapura pada akhir pekan nanti.

Otoritas dari negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN telah berjuang sejak lama untuk mengatasi bencana kabut asap ini. Negara-negara ASEAN diketahui telah menandatangani sebuah kesepakatan dan menggelar pertemuan rutin, namun tampaknya tidak berdampak banyak.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com