detikNews
2019/09/19 15:21:28 WIB

Kabut Asap Makin Parah, Malaysia Liburkan Lebih dari 2 Ribu Sekolah

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kabut Asap Makin Parah, Malaysia Liburkan Lebih dari 2 Ribu Sekolah Kabut asap di Kuala Lumpur, Malaysia (REUTERS/Lim Huey Teng)
Kuala Lumpur - Lebih dari 2 ribu sekolah di berbagai wilayah Malaysia terpaksa diliburkan akibat kondisi kabut asap yang semakin memburuk. Nyaris 2 juta siswa di Malaysia terkena dampak dari diliburkannya kegiatan belajar-mengajar tersebut.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Kamis (19/9/2019), total ada 2.459 sekolah di delapan negara bagian, seperti Selangor, Putrajaya, Kuala Lumpur, Penang, Kedah, Perak, Negri Sembilan dan Sarawak, yang diliburkan pada Kamis (19/9) dan Jumat (20/9) besok.

Keputusan meliburkan lebih dari 2 ribu sekolah itu diambil otoritas Malaysia setelah Indeks Polutan Udara (API) melebihi angka 200, yang berarti 'sangat tidak sehat', di area-area tersebut pada Rabu (18/9) waktu setempat.


Kementerian Pendidikan Malaysia dalam pernyataan terbaru pada Rabu (18/9) malam waktu setempat, menyebut total 1.732.842 siswa terkena dampak.

Secara terperinci disebutkan bahwa sekolah-sekolah di Kedah, Perak, Negri Sembilan dan Sarawak hanya akan diliburkan pada Kamis (19/9) waktu setempat. Sedangkan sekolah-sekolah di Selangor, Putrajaya, Kuala Lumpur dan Penang akan diliburkan pada Kamis (19/9) dan Jumat (20/9) besok.

Dari jumlah tersebut, Selangor menjadi wilayah dengan paling banyak sekolah yang diliburkan, yakni 939 sekolah. Siswa yang terkena dampak di Selangor mencapai 911 ribu siswa.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com