detikNews
2019/09/19 14:35:20 WIB

Bom Truk Taliban Meledak di Dekat Rumah Sakit Afghanistan, 20 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bom Truk Taliban Meledak di Dekat Rumah Sakit Afghanistan, 20 Orang Tewas Mobil dan ambulans yang ada di kompleks rumah sakit rusak parah akibat ledakan bom truk (REUTERS/Stringer)
Kabul - Sebuah bom truk meledak di dekat sebuah rumah sakit setempat di Afghanistan bagian selatan. Sedikitnya 20 orang tewas dan lebih dari 90 orang lainnya luka-luka akibat ledakan ini.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Kamis (19/9/2019), ledakan bom ini menghancurkan sebagian gedung rumah sakit yang ada di wilayah Qalat, Provinsi Zabul tersebut. Sejumlah ambulans yang ada di kompleks rumah sakit mengalami kerusakan parah hingga ringsek.

"Bom itu berukuran besar dan dibawa dengan sebuah mini-truk," sebut seorang pejabat senior pada Kementerian Pertahanan Afghanistan yang enggan disebut namanya.


Anggota dewan provinsi Qalat, Atta Jan Haqbayan, menyebut 20 jenazah korban telah dievakuasi dari lokasi ledakan. Sekitar 95 korban luka juga telah dievakuasi ke tempat aman.

"Jumlah korban luka mungkin bertambah karena tim penyelamat dan orang-orang masih mencari jenazah-jenazah di balik reruntuhan," sebutnya.

Warga setempat, yang kebanyakan sedang menjenguk anggota keluarga mereka yang sakit, menggunakan syal dan selimut untuk mengevakuasi para korban luka dari dalam gedung rumah sakit yang hancur akibat ledakan bom.

Otoritas keamanan Afghanistan berjaga di sekitar lokasi ledakan bom trukOtoritas keamanan Afghanistan berjaga di sekitar lokasi ledakan bom truk Foto: REUTERS/Stringer

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com