detikNews
2019/09/19 11:50:50 WIB

PM Kanada Minta Maaf Atas Foto Rasis 'Aladdin' di Masa Lalu

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 2 dari 2
PM Kanada Minta Maaf Atas Foto Rasis Aladdin di Masa Lalu Justin Trudeau saat meminta maaf atas foto masa lalunya yang dikecam karena rasis (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)

Trudeau mengakui foto itu memang rasis, namun dia menyebut bahwa dirinya pada saat itu tidak menganggapnya demikian. "Saya kesal pada diri saya sendiri, saya kecewa pada diri saya," tegas PM Kanada yang berusia 47 tahun ini.

Lebih lanjut, diakui oleh Trudeau bahwa momen dalam foto itu, bukan menjadi momen pertamanya mewarnai wajahnya menjadi gelap. Dia mengaku pernah melakukan hal serupa saat tampil dalam sebuah acara bakat dengan menampilkan lagu dari penyanyi Amerika keturunan Jamaika, Harry Belafonte.

"Saya akan meminta warga Kanada untuk memaafkan saya atas apa yang sudah saya lakukan. Saya seharusnya tidak melakukan itu. Saya akan bertanggung jawab atas hal itu. Itu sungguh hal yang bodoh untuk dilakukan," ujarnya.


"Ini adalah situasi yang sangat saya sesali," imbuh Trudeau.

Foto rasis ini mencuat saat Trudeau sedang dalam rangkaian kampanye untuk pemilu yang akan digelar 21 Oktober. Pekan lalu, Trudeau mengumumkan dirinya akan mencalonkan diri dalam pemilu mendatang. Untuk sementara, Trudeau ada dalam posisi sama kuat dengan kandidat Partai Konservatif, Andrew Scheer.

"Saya berdiri di sini di hadapan warga Kanada, karena saya akan melanjutkan kampanye ini dan bicara soal upaya-upaya yang harus kita lakukan untuk menjadikan negara ini lebih baik secara bersama-sama. Dan saya akan tetap fokus pada hal itu dan terus berupaya memerangi intoleransi dan diskriminasi, meskipun jelas saya membuat kesalahan di masa lalu," tandasnya.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com