detikNews
2019/09/19 09:50:36 WIB

Tersesat di Kabut Asap, 2 Nelayan Malaysia Diselamatkan Nelayan RI

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tersesat di Kabut Asap, 2 Nelayan Malaysia Diselamatkan Nelayan RI Ilustrasi (AFP PHOTO)
Kuala Lumpur - Dua nelayan Malaysia yang tersesat saat melaut di tengah kabut asap, mengaku mendapat bantuan dari sekelompok nelayan asal Indonesia. Bantuan diberikan saat kedua nelayan Malaysia ini secara tidak sengaja memasuki perairan Indonesia usai kapalnya kehabisan bahan bakar.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir The Star, Kamis (19/9/2019), nelayan bernama Putih Dagang (62) dan putranya, Mohd Shahrul Nizam (33), ini kehilangan arah karena berlayar di tengah kabut asap. Situasi semakin buruk saat kapalnya kehabisan bahan bakar untuk kembali ke Pantai Puteri, Melaka pada Selasa (17/9) tengah malam waktu setempat.

Dituturkan Putih bahwa posisi kapalnya saat itu berada di perairan berjarak 10 mil laut (18 kilometer) dari daratan terdekat. Dengan jarak tersebut, kira-kira dibutuhkan sekitar satu jam untuk bisa mencapai pantai terdekat. Namun, setelah lebih dari satu jam berlayar dan lampu kapalnya mengindikasikan mereka kehabisan bahan bakar, Putih dan anaknya menyadari mereka tersesat.


Ini menjadi momen pertama bagi nelayan dengan pengalaman lebih dari 25 tahun ini untuk memasuki wilayah perairan negara lain secara ilegal. Putih mengakui saat itu dirinya takut akan ditangkap dan dipenjara karena melanggar wilayah perairan negara lain.

Dituturkan Putih bahwa para nelayan Indonesia banyak membantu dirinya dan putranya. Putih menyebut nelayan Indonesia membawa dirinya ke Pulau Rupat, Riau, agar dia bisa membeli bahan bakar untuk melanjutkan pelayaran ke Pantai Puteri, Melaka.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com