detikNews
2019/09/18 20:08:04 WIB

Masih Di-grounded, Boeing 737 MAX Milik Air Canada Bisa Mengudara

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Masih Di-grounded, Boeing 737 MAX Milik Air Canada Bisa Mengudara Puluhan pesawat Boeing 737 MAX yang di-grounded terparkir di Boeing Field di Seattle, Washington, AS (REUTERS/Lindsey Wasson)
Ottawa - Sebuah pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai Air Canada terpantau mengudara di wilayah udara Kanada saat pesawat yang bermasalah itu masih di-grounded secara global. Bagaimana bisa?

Seperti dilansir Reuters, Rabu (18/9/2019), Boeing 737 MAX milik Air Canada itu menjadi satu-satunya pesawat Boeing jenis tersebut yang diperbolehkan mengudara setelah dua tragedi maut Lion Air JT 610 pada Oktober 2018 dan Ethiopian Airlines ET 302 pada Maret lalu.

Dijelaskan oleh maskapai Air Canada kepada Reuters, bahwa diperbolehkannya satu pesawat Boeing 737 MAX mengudara di langit Kanada merupakan pengecualian langka, yang telah disetujui oleh otoritas penerbangan Kanada, Transport Canada.


Tercatat bahwa Boeing 737 MAX milik Air Canada itu melakukan 11 penerbangan antara bulan Agustus hingga September tahun ini. Boeing 737 MAX di-grounded sejak Maret lalu. Tujuan dari penerbangan ini, sebut Air Canada, adalah untuk mempertahankan kualifikasi pilot pelatihan senior.

Menurut juru bicara maskapai Air Canada bahwa pihaknya tidak bisa menggunakan pesawat jenis Boeing 737 lainnya 'untuk mempertahankan pemeriksaan keahlian pilot sesuai dengan aturan penerbangan Kanada'.

"Jadi kami menggunakan 737 MAX selama aktivitas perawatan yang terencana untuk mempertahankan kualifikasi pilot," sebut juru bicara Air Canada.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com