detikNews
2019/09/18 16:56:58 WIB

Dikecam, Restoran Korsel Copot Foto Pemimpin dan Bendera Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dikecam, Restoran Korsel Copot Foto Pemimpin dan Bendera Korut Restoran bertema Korut di Seoul yang dikritik karena memasang foto pemimpin Korut (AP Photo/Lee Jin-man)
Seoul - Sebuah restoran di Seoul, Korea Selatan (Korsel) yang bertema Korea Utara (Korut) menuai kecaman karena memajang poster yang menampilkan foto pemimpin rezim komunis itu. Maraknya kritikan membuat restoran tersebut terpaksa mencopot foto-foto yang dianggap memuji Korut itu.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (18/9/2019), otoritas setempat menyebut sang pemilik 'secara sukarela' mencopot gambar pemimpin Korut dari restorannya pada Senin (16/9) waktu setempat. Bendera nasional Korut yang juga dipasang di restoran itu juga ikut dicopot.

Kecaman diarahkan ke restoran bernama 'Pyongyang Pub' itu via media sosial sepanjang akhir pekan. Kecaman ini muncul saat restoran yang berlokasi di area hiburan Hongdae, Seoul itu sedang direnovasi.


Kepolisian setempat mengutip pernyataan pemilik restoran yang menyebut dekorasi bertema Korut itu dimaksudkan untuk menarik perhatian pengunjung dan menjadikan restoran lebih banyak meraup untung.

Ditambahkan kepolisian setempat bahwa pihaknya masih menyelidiki kemungkinan si pemilik restoran melanggar undang-undang (UU) keamanan Korsel, yang mengatur bahwa tindakan dan memuji Korut bisa terancam hukuman maksimum 7 tahun penjara.

Penegakan UU Keamanan Nasional secara penuh di Korsel tergolong jarang dalam beberapa tahun terakhir, saat hubungan dengan Korut mengalami peningkatan sejak Perang Dingin. Di masa lalu, pemerintah Korut yang masih disokong militer sering menggunakan UU tersebut untuk memenjarakan dan menganiaya individu yang dianggap membangkang hingga akhirnya negara itu mencapai demokrasi pada akhir tahun 1980-an.

Restoran bertema Korut di Seoul yang dikritik karena memasang foto pemimpin KorutRestoran bertema Korut di Seoul yang dikritik karena memasang foto pemimpin Korut Foto: AP Photo/Lee Jin-man

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com