detikNews
Rabu 18 September 2019, 01:52 WIB

Tiga Penjaga Perbatasan Rusia Terluka Akibat Serangan Kapal Nelayan Korut

Arief Ikhsanudin - detikNews
Tiga Penjaga Perbatasan Rusia Terluka Akibat Serangan Kapal Nelayan Korut Ilustrasi Laut Jepang. (Foto: Kyodo/via REUTERS)
Moscow - Penjaga perbatasan Rusia di bawah Dinas Keamanan Federal Rusia diserang kapal nelayan Korea Utara. Serangan itu mengakibatkan tiga petugas terluka.

Dilansir dari AFP, Selasa (17/9/2019), bentrokan tersebut terjadi di Laut Jepang. Layanan keamanan Rusia FSB, mengatakan kepada kantor berita Interfax, bahwa penjaga perbatasan melihat dua kapal Korea Utara. Salah satunya menyerang mereka.

Terdapat 45 orang berada di kapal yang menyerang petugas. Akibat serang itu, tiga petugas mengalami luka dengan kondisi yang berdeba-beda,

Kapal nelayan Korea Utara itu akhirnya diamankan. Selain itu, diamankan pula satu kapal dari Korea Utara lainnya dengan penumpang 21 orang.

Pihak Rusia berulang kali menangkap nelayan dari Korea Utara. Banyak di antaranya menggunakan perahu kayu ilegal yang belum sempurna.

Pada bulan Juli, Korea Utara merilis kapal penangkap ikan Rusia dengan awak 15 orang Rusia dan dua warga Korea Selatan setelah ditahan karena melanggar peraturan masuk.
(aik/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com