detikNews
Senin 16 September 2019, 12:59 WIB

Kapal Wisata Terbalik, India Gelar Operasi Pencarian 39 Orang yang Hilang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kapal Wisata Terbalik, India Gelar Operasi Pencarian 39 Orang yang Hilang ilustrasi (Foto: Thinkstock)
New Delhi - Otoritas India melakukan operasi pencarian dan penyelamatan untuk menemukan 39 orang yang hilang setelah kapal wisata mereka terbalik di sungai yang arusnya deras.

Kepolisian lokal menyatakan kepada AFP, Senin (16/9/2019), sejauh ini delapan jasad telah ditemukan setelah kecelakaan di Sungai Godavari di negara bagian Andhra Pradesh, India selatan pada Minggu (15/9) waktu setempat tersebut.

Pejabat kepolisian lokal, Adnan Asmi mengatakan, kapal yang terbalik tersebut mengangkut total 73 penumpang, yang 26 orang di antaranya berhasil selamat.



Hampir 300 personel dengan menggunakan kapal-kapal dan sebuah helikopter dikerahkan dalam operasi pencarian besar-besaran hari ini, termasuk dari Angkatan Laut India dan Pasukan Tanggap Bencana Nasional.



Media-media lokal melaporkan bahwa sebuah tim penyelam khusus yang dilengkapi dengan peralatan sonar dari negara bagian Uttarakhand, India utara direncanakan tiba di lokasi hari ini untuk membantu pencarian.

Menurut media Times of India yang mengutip seorang menteri senior Andhra Pradesh, kapal yang terbalik tersebut tidak memiliki lisensi atau izin untuk mengangkut para turis saat volume air sungai tersebut meningkat akibat musim hujan yang tengah melanda.


Buruknya pemeriksaan keselamatan dan kapal-kapal yang kelebihan muatan merupakan penyebab utama tragedi kapal di India, khususnya selama musim penghujan saat ini.

Pekan lalu, dua kapal terbalik di kota Bhopal, India tengah saat seremoni untuk membenamkan patung dewa Hindu, Ganesha ke dalam danau. Sebanyak 12 orang tewas dalam musibah itu.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com