detikNews
Jumat 13 September 2019, 17:31 WIB

12 Orang Tewas Tenggelam Saat Seremoni Keagamaan di Danau India

Novi Christiastuti - detikNews
12 Orang Tewas Tenggelam Saat Seremoni Keagamaan di Danau India Otoritas India saat melakukan operasi penyelamatan dan pencarian di Danau Bhopal (Gagan Nayar/AFP)
New Delhi - Sedikitnya 12 orang tewas tenggelam saat sebuah seremoni keagamaan digelar di sebuah danau di India. Kapal yang ditumpangi orang-orang itu terbalik saat seremoni untuk Dewa Ganesha tengah digelar.

Seperti dilansir AFP, Jumat (13/9/2019), kapal yang digunakan dalam seremoni keagamaan itu membawa 20-25 orang saat insiden terjadi pada Jumat (13/9) dini hari. Kapal terbalik dan tenggelam saat ritual melarung replika patung Dewa Ganesha dilakukan di sebuah danau di Bhopal, India bagian tengah.

"Dua belas jasad telah ditemukan sejauh ini dan upaya pencarian masih dilakukan untuk satu orang lainnya," sebut Pasukan Cepat Tanggap Bencana Nasional (NDRF) dalam pernyataannya.


Insiden tragis ini terjadi saat warga penganut Hindu di India sedang merayakan pekan festival Ganesh Chaturthi atau Vinayaka Chaturthi. Dalam festival keagamaan ini, replika patung Dewa Ganesha dilarung ke air.

Kepala Menteri Madhya Pradesh, PC Sharma, seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, menyebut bahwa kapal yang ditumpangi warga saat melarung replika patung Dewa Ganesha miring dan akhirnya terbalik.

"Orang-orang yang tenggelam membawa replika patung Dewa Ganesha berukuran raksasa dan saat seremoni pelarungan, kapal yang mereka tumpangi miring dan kemudian terbalik," sebut PC Sharma dalam keterangannya.

Sedikitnya enam orang berhasil diselamatkan dalam insiden ini. Upaya pencarian masih terus dilanjutkan.

"Kami telah memerintahkan penyelidikan terhadap insiden ini," imbuh PC Sharma.

Otoritas setempat mengumumkan kompensasi sebesar 400 ribu Rupee (Rp 77,9 juta) untuk keluarga korban tewas dalam insiden ini.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com