detikNews
2019/09/12 16:23:18 WIB

Presiden Iran: Tak Ada Gunanya Negosiasi dengan AS Selama Sanksi Tetap Ada

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Presiden Iran: Tak Ada Gunanya Negosiasi dengan AS Selama Sanksi Tetap Ada Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: Official President website/Handout via REUTERS)
Teheran - Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa tak ada gunanya bernegosiasi soal nuklir dengan Amerika Serikat selama sanksi-sanksi tetap ada.

Hal itu disampaikan Rouhani dalam pembicaraan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron via telepon pada Rabu (11/9) waktu setempat. Dalam percakapan tersebut, Rouhani mengatakan bahwa AS telah melanggar komitmen-komitmennya berdasarkan kesepakatan nuklir tahun 2015 usai memutuskan mundur dari kesepakatan itu pada Mei 2018.

"Dari sudut pandang pemerintah, parlemen dan rakyat Iran, selama masih ada sanksi-sanksi, maka tak ada gunanya bernegosiasi dengan AS," ujar Rouhani seperti dilansir media Iran, Press TV, Kamis (12/9/2019).


Seperti diketahui, AS mundur dari kesepakatan nuklir negara-negara besar dengan Iran, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 8 Mei 2018 lalu. Keputusan Presiden AS Donald Trump itu disayangkan oleh seluruh penandatangan dan dikecam keras oleh Iran. Setelah mundur, AS pun segera menetapkan sanksi-sanksi terhadap Iran.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com