detikNews
Kamis 12 September 2019, 13:05 WIB

Balas Serangan Roket, Israel Kembali Bombardir Hamas di Gaza

Rita Uli Hutapea - detikNews
Balas Serangan Roket, Israel Kembali Bombardir Hamas di Gaza ilustrasi (Foto: REUTERS/Ammar Awad)
Gaza - Pesawat-pesawat tempur Israel kembali membombardir target-target Hamas di Jalur Gaza sebagai respons atas serangan roket dari wilayah itu.

"Roket-roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel," demikian statemen militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/9/2019). Militer Israel tidak menjelaskan lebih detail mengenai serangan roket tersebut.

"Sebagai respons... jet-jet tempur dan sebuah pesawat Pasukan Pertahanan Israel menggempur sejumlah target teror di basis militer Hamas di Jalur Gaza utara," imbuh militer.



Kantor berita resmi Palestina, WAFA melaporkan bahwa pesawat Israel pada Rabu (11/9) malam waktu setempat "menembakkan setidaknya satu rudal yang menargetkan sebuah tempat kosong di kawasan al-Shajaiyeh, sebelah timur Kota Gaza. Tak ada korban luka-luka dalam serangan itu.



Sebelumnya, pada Rabu (11/9) sore waktu setempat, sejumlah roket ditembakkan dari Gaza yang dikuasai kelompok Hamas ke wilayah Israel. Militer Israel pun membalas dengan melancarkan serangan udara ke posisi-posisi Hamas di Gaza.


Militer Israel menyatakan bahwa pihaknya akan "terus menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua yang datang dari Jalur Gaza, terlepas dari siapa yang sebenarnya menembakkan senjata tersebut".

Kelompok Hamas telah menjadi penguasa de facto Gaza sejak mereka mengusir pasukan yang setia pada Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam pertempuran mematikan pada tahun 2007. Diketahui bahwa Hamas dan Israel telah tiga kali terlibat perang besar sejak tahun 2008.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com