detikNews
Rabu 11 September 2019, 18:17 WIB

Demi Terbang ke AS dengan Paspor Palsu, Pria Ini Menyamar Jadi Kakek-kakek

Novi Christiastuti - detikNews
Demi Terbang ke AS dengan Paspor Palsu, Pria Ini Menyamar Jadi Kakek-kakek Jayesh Patel saat menyamar jadi kakek 81 tahun (Central Industrial Security Force (CISF) via CNN)
New Delhi - Seorang pria di India nekat menyamar sebagai kakek-kakek untuk bisa terbang ke Amerika Serikat (AS). Pria ini memasang jenggot warna putih, memakai kaca mata dan duduk di kursi roda saat hendak terbang dengan paspor palsu.

Seperti dilansir CNN, Rabu (11/9/2019), aksi penyamaran pria bernama Jayesh Patel yang berusia 32 tahun ini, ketahuan oleh petugas Bandara Internasional Indira Gandhi di New Delhi pada 8 September lalu. Saat itu, Patel yang berdandan mirip kakek-kakek hendak naik ke penerbangan malam tujuan New York, AS.

"Dia (Patel-red) berperilaku seolah-olah dia sudah sangat tua dan lumpuh," tutur seorang pejabat senior pada Pasukan Keamanan Industrial Pusat, Shrikant Kishore, kepada CNN.


Dalam penyamarannya, Patel mengenakan tunik dan celana warna putih, lengkap dengan turban warna putih dan sepatu warna hitam. Tidak ketinggalan jenggot putih juga terpasang di dagunya. Saat proses pemeriksaan, Patel menunjukkan sikap ogah-ogahan.

"Petugas kami meminta orang yang duduk di kursi roda untuk berdiri. Dia bilang bahwa dia tidak bisa berdiri. Petugas kami menanyakan apakah dia bisa berdiri dengan bantuan. Dia dengan enggan berdiri," sebut Kirshore.

Paspor palsu yang dipakai Jayesh Patel saat menyamar jadi kakek 81 tahunPaspor palsu yang dipakai Jayesh Patel saat menyamar jadi kakek 81 tahun Foto: Central Industrial Security Force (CISF) via CNN

Saat itulah, petugas menyadari bahwa jenggot dan rambut penumpang itu putih, namun bagian akarnya hitam. Saat diperiksa, Patel juga terus-menerus berupaya menghindari kontak mata dengan petugas.

Saat ditanya soal paspornya, Patel menyerahkan sebuah dokumen yang mengklaim dirinya sebagai Amrick Singh yang lahir di New Delhi pada Februari 1938, yang menjadikannya berusia 81 tahun pada tahun ini. "Dia jelas tidak berusia 80 tahun. Kulitnya menunjukkan dia orang lebih muda," ucap Kishore kepada CNN.


Paspor yang dipakai Patel itu diyakini sebagai paspor palsu. Saat diinterogasi lebih lanjut, Patel akhirnya mengakui identitas aslinya.

Karena Patel kedapatan membawa paspor palsu, maka dia diserahkan kepada otoritas imigrasi setempat. Kishore mengaku tidak tahu perkembangan terbaru kasus ini atau alasan di balik penyamaran Patel.

Wajah asli Jayesh PatelWajah asli Jayesh Patel Foto: Central Industrial Security Force (CISF) via CNN

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com