detikNews
Rabu 11 September 2019, 04:05 WIB

Brasil Tangkap Anak Eks Menteri Energi Terkait Suap Bendungan Belo Monte

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Brasil Tangkap Anak Eks Menteri Energi Terkait Suap Bendungan Belo Monte Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo
Rio De Janeiro - Pemerintah Brasil menangkap seorang putra mantan menteri energi karena diduga menerima suap 50 juta reais ($ 12 juta) bersama ayahnya. Suap itu terkait pembangunan bendungan raksasa.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (10/9/2019), putra dari mantan senator dan menteri energi Edison Lobao, Marcio Lobao, telah menjadi target polisi sejak tahun 2017. Dia dibidik polisi berkaitan dengan bendungan Belo Monte.



Jaksa juga menduga Edison Lobao menerima suap tetapi tidak menangkapnya pada Selasa.

Jaksa mengatakan mereka sedang menyelidiki korupsi senilai 1 miliar reais dalam lebih 40 kontrak yang berkaitan pembangunan bendungan Belo Monte. Bendungan tersebut salah satu yang terbesar di dunia dan terletak di negara bagian Para.



Mantan menteri dan putranya diduga menerima suap dari raksasa konstruksi Odebrecht dan Grupo Estre antara 2008 dan 2014. Pihak berwenang menambahkan bahwa Marcio Lobao akan memimpin operasi pencucian uang dan bahwa skemanya termasuk membeli dan menjual karya seni dengan harga yang meningkat.

Marcio Lobao belum dapat memberikan komentar. Pengacara Edison Lobao, Carlos de Almeida Castro, juga menolak berkomentar.

Operasi 'Cuci Mobil' Brasil secara agresif ini menargetkan skema korupsi besar dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi juga telah ternoda oleh tuduhan campur tangan politik.
(knv/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com