detikNews
Selasa 10 September 2019, 15:46 WIB

Hamas Tembak Jatuh Drone Israel di Jalur Gaza

Rita Uli Hutapea - detikNews
Hamas Tembak Jatuh Drone Israel di Jalur Gaza pasukan Israel berjaga di perbatasan Gaza (Foto: Amir Cohen/Reuters)
Gaza - Kelompok milisi Hamas menembak jatuh sebuah drone Israel di wilayah Jalur Gaza. Ini terjadi sehari setelah rezim Israel kembali melancarkan serangan-serangan udara terhadap Gaza.

Media-media Palestina melaporkan seperti dilansir Press TV, Selasa (10/9/2019), para milisi Hamas telah mencegat dan menjatuhkan drone tersebut di sebelah timur kota Rafah di Jalur Gaza pada Senin (9/9) malam waktu setempat.

Militer Israel mengonfirmasi bahwa sebuah drone jatuh di Jalur Gaza bagian selatan. Disebutkan bahwa penyelidikan atas insiden tersebut tengah dilakukan.


Media-media melaporkan bahwa bangkai pesawat tak berawak tersebut kini ada di tangan kelompok Hamas. Ini merupakan kedua kalinya militer Israel kehilangan drone dalam waktu lebih dari 24 jam terakhir.



Kelompok milisi asal Lebanon, Hizbullah juga telah menembak jatuh sebuah drone militer Israel di perbatasan dengan Lebanon pada Senin (9/9) dini hari waktu setempat. Insiden ini terjadi menyusul eskalasi dalam ketegangan antara Israel dan Hizbullah, yang mencakup saling balas serangan pada 1 September lalu antara kedua pihak.

Sebelumnya, kelompok milisi yang didukung Iran itu menyatakan pihaknya telah menembakkan rudal-rudal antitank ke Israel, yang menghancurkan sebuah kendaraan militer dan menewaskan atau melukai orang-orang di dalamnya.


Militer Israel kemudian menyatakan bahwa pihaknya telah menembakkan sekitar 100 peluru artileri setelah Hizbullah menargetkan sebuah markas batalyon dan ambulans militer.

Usai serangan artileri Israel itu, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah menyatakan bahwa kelompoknya akan merespons serangan-serangan Israel berikutnya dengan serangan "jauh ke dalam Israel" dan bukan hanya di sepanjang perbatasan.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com