detikNews
2019/09/10 04:43:10 WIB

John Chardon Terbukti Bersalah Atas Kematian Istrinya Novy

ABC Australia - detikNews
Halaman 1 dari 2
John Chardon Terbukti Bersalah Atas Kematian Istrinya Novy Foto: John Chardon (ABC Australia)
Sydney - Pengusaha asal Kota Gold Coast Australia John Chardon terbukti bersalah menyebabkan kematian istrinya Novy Chardon, namun tidak terbukti atas dakwaan yang lebih berat yaitu (dengan sengaja) melakukan pembunuhan.

Dalam sistem hukum di Australia dakwaan "dengan sengaja melakukan pembunuhan (murder)" memiliki ancaman hukuman yang lebih berat dibandingkan dakwaan menyebabkan kematian orang lain tanpa sengaja (manslaughter).

Novy berusia 34 tahun ketika menghilang dari rumah pasangan suami-istri ini di daerah Upper Coomera pada 6 Februari 2013 - beberapa jam setelah John menerima surat dari pengacara Novy.

Pria berusia 72 tahun itu sebelumnya menyatakan tidak bersalah atas dakwaan pembunuhan, dan bersikukuh bahwa istrinya sendiri yang sengaja menghilang.



Para juri yang menilai kasus ini di Mahkamah Agung negara bagian Queensland bermusyawarah selama sembilan jam sebelum mengambil kesimpulan.

Dari kesimpulan para juri inilah, John akan dijatuhi vonis oleh hakim dalam persidangan berikutnya.

Namun para juri tidak diperkenankan mendengarkan keterangan seorang saksi bernama Peter Foster pada 2018 yang menyebut bahwa John membuat pengakuan telah dengan sengaja membunuh istrinya. Pengakuan ini, menurut Foster, disampaikan John saat sama-sama berada dalam tahanan di tahun 2015.

Keterangan Foster ini tak pernah diperdengarkan ke juri karena dikeluarkan dari daftar bukti-bukti, dengan pertimbangan juri tidak akan yakin bahwa pengakuan tersebut pernah terjadi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com