detikNews
Senin 09 September 2019, 17:10 WIB

Serangan Udara Tewaskan 18 Petempur Pro-Iran di Suriah Timur

Rita Uli Hutapea - detikNews
Serangan Udara Tewaskan 18 Petempur Pro-Iran di Suriah Timur ilustrasi (Foto: REUTERS/Ammar Awad)
Beirut - Serangan udara menghantam posisi pasukan pro-Iran dan para milisi sekutu di wilayah Suriah timur. Sedikitnya 18 petempur pro-Iran tewas dalam serangan udara tersebut.

Kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights menyatakan tidak jelas siapa yang melancarkan serangan udara di wilayah Albu Kamal, dekat perbatasan dengan Irak tersebut.


Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (9/9/2019), kelompok yang berbasis di Inggris tersebut menyatakan "18 petempur tewas, namun kewarganegaraan mereka tidak diketahui".

Albu Kamal berada di provinsi Deir Ezzor yang meliputi sebagian besar gurun timur Suriah yang terpencil, di mana "kekhalifahan" kelompok ISIS membuat pertahanan terakhir di Suriah tahun ini.


Sebelumnya pada Juni 2018, serangan-serangan di dekat perbatasan Irak menewaskan 55 personel pasukan pro-rezim, sebagian besar warga Suriah dan Irak. Seorang pejabat AS saat itu mengatakan Israel yang bertanggung jawab atas serangan itu, namun otoritas Israel menolak berkomentar.

Israel telah melakukan ratusan serangan di Suriah yang menargetkan apa yang mereka sebut sebagai posisi-posisi kelompok milisi Lebanon, Hizbullah yang didukung Iran.


Tonton juga video "Perang Berakhir, ISIS Dinyatakan Kalah Total
":

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com