Pasukan Israel Gempur Gaza Usai Serangan Roket

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 07 Sep 2019 16:18 WIB
tentara-tentara Israel di perbatasan Gaza (Foto: Amir Cohen/Reuters)
tentara-tentara Israel di perbatasan Gaza (Foto: Amir Cohen/Reuters)
Gaza - Pasukan Israel menggempur posisi-posisi kelompok Hamas di Jalur Gaza hari ini. Serangan ini dilancarkan setelah roket-roket dari Gaza ditembakkan ke wilayah Israel.

Beberapa jam sebelumnya, dua remaja Palestina tewas akibat tembakan pasukan Israel dalam bentrokan di perbatasan Gaza.

"Lima proyektil diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel pada Jumat (6/9) malam," demikian pernyataan militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (7/9/2019).


Juru bicara militer Israel mengatakan, roket-roket itu jatuh di lapangan terbuka di Israel selatan.

"Sebagai respons, sebuah pesawat dan tank menggempur sejumlah target militer Hamas di Jalur Gaza bagian utara, termasuk sebuah pos dan posisi-posisi militer," demikian statemen militer Israel.



Menurut sumber keamanan Hamas, tak ada korban akibat serangan-serangan Israel tersebut.

Sebelumnya, saat bentrokan di perbatasan Gaza pada Jumat (6/9), dua remaja Palestina berumur 17 tahun dan 14 tahun tewas ditembak pasukan Israel. Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan, 46 warga Palestina lainnya luka-luka dalam bentrokan tersebut.


Militer Israel menyatakan bahwa ribuan warga Palestina ikut serta dalam aksi-aksi demonstrasi di sepanjang perbatasan Gaza pada Jumat (6/9) tersebut. Militer Israel menyebut bahwa sebagian demonstran melemparkan bahan-bahan peledak ke arah para tentara Israel, hingga bentrokan dengan pasukan Israel pun terjadi.

Diketahui bahwa warga Palestina telah menggelar aksi-aksi demo massal di sepanjang perbatasan tersebut sejak Maret 2018. Dalam aksinya, warga Palestina menyerukan dihentikannya blokade Israel atas Gaza dan menuntut hak mereka untuk kembali ke rumah-rumah keluarga mereka yang ditinggali saat perang pada tahun 1948.

(ita/ita)