detikNews
2019/09/06 18:19:59 WIB

Ilmuwan Jepang Temukan Spesies Baru Dinosaurus Langka

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ilmuwan Jepang Temukan Spesies Baru Dinosaurus Langka Fosil dinosaurus spesies baru, Kamuysaurus japonicus, yang ditemukan di Jepang (Hokkaido University via Channel News Asia)
Tokyo - Ilmuwan-ilmuwan Jepang berhasil mengidentifikasi spesies dinosaurus baru dari fosil terbesar yang pernah ditemukan terkubur di Negeri Matahari Terbit ini. Fosil yang nyaris lengkap itu memiliki panjang hingga 8 meter.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Jumat (6/9/2019), fosil kerangka dinosaurus berusia 72 juta tahun itu merupakan fosil terbesar yang pernah ditemukan di wilayah Jepang. Fosil itu diketahui ditemukan terkubur di zona deposit laut di kota Mukawa, Hokkaido, beberapa tahun lalu.

Pekan ini, setelah melakukan analisis terhadap ratusan potongan kerangka dinosaurus yang ditemukan, tim ilmuwan yang dipimpin Hokkaido University menyimpulkan bahwa fosil itu berasal dari spesies baru dari dinosaurus hadrosaurid -- dinosaurus dengan moncong mirip bebek -- yang herbivora.


Spesies baru ini diketahui pernah hidup di Bumi pada akhir era Cretaceous, antara 145,5 juta tahun hingga 65,5 juta tahun yang lalu.

Bagian ekor dari dinosaurus spesies baru ini ditemukan pertama kali di wilayah Jepang bagian utara, tahun 2013 lalu, dalam penggalian gabungan yang dilakukan oleh Hobetsu Museum dan Hokkaido University Museum.

Aktivitas penggalian lanjutan berujung temuan nyaris keseluruhan kerangka dinosaurus spesies baru itu. Laporan soal temuan spesies baru ini diulas di dalam 'Scientific Reports'.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com