detikNews
2019/09/06 12:35:21 WIB

Malaysia Akan Kirim Nota Diplomatik ke Indonesia Terkait Kabut Asap

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Malaysia Akan Kirim Nota Diplomatik ke Indonesia Terkait Kabut Asap Kabut asap di Malaysia (ZULAZHAR SHEBLEE/THE STAR)
Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia akan mengirimkan nota diplomatik kepada Indonesia, negara tetangganya, terkait kabut asap. Nota diplomatik itu untuk mendorong Indonesia agar mengambil tindakan segera untuk memadamkan kebakaran lahan yang mengirimkan kabut asap ke wilayah Malaysia.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Jumat (6/9/2019), rencana melayangkan nota diplomatik ke Indonesia itu disampaikan oleh Wakil Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Malaysia, Isnaraissah Munirah Majilis.


Disebutkan Isnaraissah bahwa nota diplomatik itu juga berisi dorongan agar pemerintah Indonesia mengambil langkah pencegahan agar kebakaran lahan tidak kembali terjadi.

"Ini (nota diplomatik) akan dikirimkan secepat mungkin. Kami sedang dalam tahap akhir penyusunan draf," sebut Isnaraissah kepada wartawan setempat, dalam briefing soal isu-isu terkait kabut asap di kantor Departemen Lingkungan Malaysia.


Isnaraissah menyatakan bahwa kabut asap yang melintasi perbatasan itu menjadi penyebab utama munculnya kabut asap yang menyelimuti wilayah Malaysia beberapa waktu terakhir.

Lebih lanjut, Isnaraissah menyebut bahwa didasarkan laporan Pusat Meteorologi Khusus ASEAN pada Kamis (5/9) waktu setempat, citra-citra satelit mendeteksi 1.393 titik api di wilayah Indonesia. Jumlah itu terdiri atas 306 titik api di wilayah Sumatra dan 1.087 titik api di wilayah Kalimantan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com