detikNews
2019/09/05 15:03:57 WIB

Pemimpin Hong Kong: Pemerintah China Dukung Pencabutan RUU Ekstradisi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Pemimpin Hong Kong: Pemerintah China Dukung Pencabutan RUU Ekstradisi Pemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam bersama Menteri Keamanan Matthew Cheung (kiri) dan Menteri Urusan Dalam Negeri Lau Kong-wah (kanan) (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Hong Kong - Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, menyatakan otoritas China 'memahami, menghormati dan mendukung' keputusan pemerintahannya untuk secara resmi mencabut rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi. Lam mengharapkan agar langkah yang diambilnya ini membantu Hong Kong untuk maju ke depan.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (5/9/2019), dalam konferensi pers terbaru, Lam berulang kali ditanya soal mengapa dirinya membutuhkan waktu lama untuk mencabut RUU ekstradisi yang kontroversial dan memicu unjuk rasa besar-besaran dalam beberapa bulan terakhir. Lam menghindari pertanyaan tersebut.

"Tidak sepenuhnya tepat untuk menyebut ini sebagai berubah pikiran," ucap Lam.


Dia menambahkan bahwa pencabutan RUU ekstradisi secara penuh merupakan keputusan yang diambil oleh pemerintahannya, dengan dukungan otoritas China.

"Melalui keseluruhan proses, Pemerintahan Rakyat Pusat (China-red) mengambil posisi bahwa mereka memahami mengapa kami harus melakukannya. Mereka menghormati pandangan saya, dan mereka mendukung saya sepenuhnya," kata Lam.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi Hong Kong pada Rabu (4/9) kemarin, Lam mengumumkan pencabutan resmi RUU ekstradisi yang mengizinkan ekstradisi tersangka ke China daratan, yang pengadilannya dikendalikan oleh Partai Komunis.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com