Siswa Indonesia Raih 2 Medali Perak dalam Ajang WorldSkills di Kazan-Rusia

Siswa Indonesia Raih 2 Medali Perak dalam Ajang WorldSkills di Kazan-Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 19:48 WIB
Salah satu siswa Indonesia (paling kiri) yang menjadi juara dalam kompetisi dunia ini (Dok. KBRI Moskow)
Salah satu siswa Indonesia (paling kiri) yang menjadi juara dalam kompetisi dunia ini (Dok. KBRI Moskow)
Moskow - Para siswa Indonesia berhasil meraih 2 medali perak, 1 perunggu dan 12 penghargaan (medallion for excellence) pada ajang dua tahunan kompetisi keterampilan vokasional terbesar dunia, WorldSkills Competition 2019, yang berlangsung selama seminggu di penghujung bulan Agustus 2019 di Kazan, Rusia.

Para siswa sekolah kejuruan dari berbagai daerah di Indonesia menduduki peringkat 15 dari 63 negara peserta. Prestasi ini meningkat dibanding keikutsertaan sebelumnya tahun 2017 di Abu Dhabi. Acara WorldSkills tahun ini merupakan yang ke-45 kalinya dengan memperlombakan 56 bidang keterampilan vokasional, diikuti 1.354 peserta dari 63 negara. Pada tahun ini, Indonesia mengirimkan 32 peserta yang mengikuti 29 bidang lomba.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP, memberi dukungan penuh dengan hadir pada acara ini serta meninjau langsung jalannya kompetisi. Mendikbud juga menghadiri Pertemuan Ke-2 Tingkat Menteri (WorldSkills Ministerial Summit) yang membahas berbagai tema terkait pendidikan keterampilan vokasional.

Pertemuan yang diadakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan WorldSkills Competition 2019 ini dihadiri oleh 40 menteri negara peserta kompetisi yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan pembangunan bidang pendidikan keterampilan vokasional di negaranya masing-masing.

Peserta asal Indonesia saat mengikuti kompetisiPeserta asal Indonesia saat mengikuti kompetisi Foto: Dok. KBRI Moskow

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, yang turut hadir selama kegiatan berlangsung, menyambut gembira prestasi yang diraih delegasi Indonesia pada ajang kompetisi ini.

"Prestasi ini merupakan suatu hal yang membanggakan dan merupakan bukti bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia bersaing di tingkat dunia," ungkap Dubes Wahid seperti disampaikan dalam keterangan pers KBRI Moskow yang diterima detikcom, Selasa (3/9/2019).

"Peta kekuatan perekonomian dan perkembangan kemajuan pembangunan di banyak negara maju berada di tingkat menengah, yaitu para profesional kejuruan yang didukung oleh sistem pendidikan ilmu-ilmu terapan bidang keterampilan vokasional yang berkualitas. Ajang yang diikuti oleh banyak negara maju ini dapat dimanfaatkan untuk menimba ilmu dan pengalaman dari negara peserta lainnya serta memperkuat jejaring kerja," imbuh Dubes Wahid.
Selanjutnya
Halaman
1 2