detikNews
2019/09/02 18:17:50 WIB

Instruktur Pingsan Saat Latihan Pertama, Pilot Berhasil Daratkan Pesawat

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Instruktur Pingsan Saat Latihan Pertama, Pilot Berhasil Daratkan Pesawat Ilustrasi (REUTERS/Eric Gaillard)
Perth - Seorang pilot yang baru pertama kali berlatih menerbangkan pesawat, berhasil menjadi pahlawan dengan mendaratkan pesawat dalam kondisi darurat sendirian setelah instrukturnya jatuh pingsan saat di udara. Pendaratan darurat ini disebut berlangsung 'luar biasa'.

Seperti dilansir CNN dan AFP, Senin (2/9/2019), pria Australia bernama Max Sylvester ini baru pertama kali berlatih menerbangkan pesawat saat insiden terjadi pada Sabtu (31/8) lalu.

Insiden berawal saat Sylvester berlatih menerbangkan sebuah pesawat ringan, tepatnya jenis Cessna dua tempat duduk, dengan dipandu seorang instruktur. Di tengah pelatihan, instruktur yang seharusnya mendampingi Sylvester tiba-tiba jatuh pingsan dan tidak bisa dibangunkan.


Sylvester menyadari dia harus mengambil tindakan untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan instrukturnya. Dia kemudian melakukan panggilan darurat dari ketinggian 1.900 meter kepada menara Air Traffic Controller (ATC) di Perth.

"Apakah Anda tahu caranya mengoperasikan pesawat?" tanya operator ATC di Perth kepada Sylvester, menurut rekaman percakapan keduanya.

"Ini pelatihan pertama saya," jawab Sylvester, sembari menyebut dirinya sama sekali belum pernah mendaratkan sebuah pesawat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com