detikNews
2019/09/02 18:17:50 WIB

Instruktur Pingsan Saat Latihan Pertama, Pilot Berhasil Daratkan Pesawat

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 2 dari 2
Instruktur Pingsan Saat Latihan Pertama, Pilot Berhasil Daratkan Pesawat Ilustrasi (REUTERS/Eric Gaillard)

Sylvester pun menyadari dirinya terpaksa melakukan pendaratan darurat sendirian -- dan pertama kali -- di Bandara Jandakot, Perth dengan dipandu ATC. Istri dan ketiga anak Sylvester menyaksikan pendaratan darurat ini dari bandara.

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan sayapnya tetap sejajar," ucap operator ATC saat memberikan panduan kepada Sylvester.

Dia diinstruksikan tetap menjaga ketinggian pesawat dan diminta terbang sedikit di atas landasan untuk merasakan kondisi daratan dan agar lebih relaks. "Saya tahu ini sangat membuat stres. Tapi Anda akan melakukan pekerjaan yang luar biasa dan kami akan membantu Anda untuk mencapai daratan, OK?" ujar operator ATC berusaha meyakinkan dan memberi semangat kepada Sylvester.


Sekitar 20 menit kemudian, pesawat ringan yang diterbangkan Sylvester melakukan pendaratan sedikit kasar dan menegangkan, namun berlangsung selamat di Bandara Jandakot. "Anda melakukannya kawan!" teriak operator ATC kepada Sylvester. "Bagus sekali. Itu luar biasa!" imbuhnya.

Begitu pesawat mendarat, sang instruktur yang masih pingsan langsung dilarikan ke rumah sakit setempat. Dia dilaporkan dalam kondisi serius, namun cenderung stabil. Laporan media lokal, 9 News, menyebut sang instruktur mengalami kejang-kejang saat sedang mengajari Sylvester di udara.

Sylvester pun menerima sertifikat penerbangan solo pertamanya dari perusahaan yang mempekerjakan sang instruktur, Air Australia International. "Ini bisa menjadi sangat buruk. Tapi semuanya berjalan baik dan benar, sebagian besar karena kerja sama dari pihak menara (ATC)," ujar pemilik Air Australia International, Chuck McElwee, kepada ABC.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com